Pedoman Umum Pendataan dan Survei Populasi Pari Manta

Posted on

Pedoman Pendataan dan Survei Populasi Pari Manta (Manta alfredi dan Manta birostris) disusun dengan tujuan agar menjadi acuan dalam kegiatan monitoring populasi Pari Manta di seluruh perairan Indonesia, serta menjadi pedoman standar nasional dalam metode survei yang digunakan sehingga tidak terjadi kebiasan data. Pedoman ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para observer, surveyor, dan praktisi lapangan baik dari instansi pemerintah maupun non pemerintah, serta seluruh pihak yang terkait dengan upaya konservasi Pari Manta di Indonesia, dengan jalan meningkatkan kualitas pengelolaan Pari Manta.

Pedoman Pendataan dan Survei Populasi Pari Manta (Manta alfredi dan Manta birostris) ini secara umum berisi tentang metode dan langkah-langkah dalam memonitoring populasi Pari Manta dalam rangka pemanfaatan lestari. Kegiatan monitoring dilakukan secara periodik guna mengetahui tren perkembangan populasi Pari Manta dari waktu ke waktu.

Selain memuat metode survei populasi, pedoman survei populasi Pari Manta juga menyuguhkan hal-hal terkait Pari Manta seperti pengenalan aspek biologi dan morfologi, karena akan bermanfaat bagi para surveyor atau observer Pari Manta ketika melakukan monitoring. Pedoman ini disajikan dalam enam bab, dimana masing-masing bab memuat substansi sebagai berikut:

  • Bab 1. PENDAHULUAN, berisi latar belakang penyusunan pedoman pendataan dan survei, tujuan serta ruang lingkup pedoman.
  • Bab 2. ASPEK BIOLOGI PARI MANTA, berisi informasi biologis Ikan Pari Manta yang diantaranya adalah klasifikasi, ciri-ciri morfologi, habitat utama, distribusi, tingkah laku, makanan, reproduksi dan populasi.
  • Bab 3. PEDOMAN IDENTIFIKASI, berisi tentang langkah-langkah pengenalan jenis, identifikasi lokasi serta teknik identifikasi ukuran ikan.
  • Bab 4. PELAKSANAAN SURVEI DAN METODE, meliputi persiapan surve, pendekatan teknis, pemanfaatan GPS dalam sensus visual serta pelaksanaan kegiatan survey.
  • Bab 5. PELAPORAN, memaparkan tentang pembuatan laporan dan format laporan.
  • Bab 6. PENUTUP

PEDUM SURVEI PARI MANTA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s