Pedoman Umum Identifikasi dan Pendataan Hiu Apendiks CITES

Posted on

Buku pedoman identifikasi dan pendataan hiu Apendiks II CITES ini disusun sebagai acuan bagi petugas lapangan dalam melakukan kegiatan pendataan hasil tangkapan hiu, khususnya jenis hiu martil (Sphyrna lewini, S. mokarran, S. zygaena) dan hiu koboi (Carcharhinus longimanus) yang masih bisa dimanfaatkan di Indonesia.  Buku pedoman pendataan ini sejalan dengan pengelompokan pendataan hasil tangkapan hiu yang sudah ada, dengan beberapa pendetilan khususnya empat spesies hiu yang masuk dalam daftar Apendiks II CITES pada CoP CITES 2013

Buku Pedoman Identifikasi dan Teknis Pendataan Hiu Apendiks II CITES ini secara umum berisi tentang metode identifikasi dan pendataan hiu martil (Sphyrna lewini, S. mokarran dan S. zygaena) dan hiu koboi (Carcharhinus longimanus).  Buku pedoman ini disajikan dalam 6 (enam) bab dengan masing-masing memuat substansi sebagai berikut:

  • Bab 1. PENDAHULUAN, berisi latar belakang penyusunan pedoman, tujuan serta ruang lingkup.
  • Bab 2. INFORMASI UMUM, berisi tentang klasifikasi, habitat dan sebaran, alat tangkap utama dan pemanfaatan.
  • Bab 3. PEDOMAN IDENTIFIKASI, berisi tentang ciri-ciri khusus empat spesies hiu yang terdiri dari: 3 spesies hiu martil (Sphyrna lewini, S. mokarran dan S. zygaena) dan hiu koboi (Carcharhinus longimanus)
  • Bab 4. METODE PELAKSANAAN SURVEI, meliputi tahap persiapan, kualifikasi pelaksana, peralatan, pemilihan waktu, metode pengumpulan data dan metode tabulasi data.
  • Bab 5. ANALISA DATA, berisi tentang hasil analisis yang meliputi: tren hasil tangkapan, pola musim penangkapan, distribusi ukuran, rasio kelamin dan hasil tangkapan per satuan upaya penangkapan.
  • Bab 6. PENUTUP, berisi tentang penyusunan laporan dan penyampaian lapora

Pedoman Pendataan Hiu Apendiks CITES

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s