SATU HARI JELAJAHI WISATA KOTA SINGAPURA

Posted on Updated on

IMG_7830Tepat jam 4.30 pagi waktu kota Batam, mata ini terbangun dari mimpi bisa berpergian ke luar negeri. Akhirnya mimpi untuk bisa bepergian ke luar negeri hari ini akan menjadi kenyataan. Pagi ini bersama 4 orang kawan, kami akan bepergian ke luar negeri, tepatnya ke negara kota singa (singapura). Meskipun bukan pengalaman pertama bepergian ke luar negeri, namun ini akan jadi pengalaman pertama bepergian ke luar negeri dengan cara backpacker.

Perjalanan ke singapura kami tempuh melalui jalur laut dari pelabuhan keberangkatan Batam Center. Oleh karena kami harus berangkat pagi – pagi, sebelumnya kami bermalam di hotel 01 yang terletak tidak jauh dari Batam Center. Sebagai informasi kami memesan kamar hotel dengan harga 270.000 per malam dengan membeli voucher di rajakamar.com. Mengingat antrian panjang keimigrasian di pelabuhan, jam 05.00 an kami sudah tiba di pelabuhan untuk melakukan chek in untuk jadwal penyebrangan pukul 06.00. Sebelumnya kami sudah membeli tiket kapal batam fast pp seharga 160.000 di bandara hang nadim. Tambahan informasi penyebrangan batam – singapura dikenakan tax 7 $ singapura untuk keberangkatan dan 6 $ singapura untuk kedatangan.

Hanya dalam waktu satu jam kapal kami akhirnya tiba dipelabuhan harbourfront centre. Karena masih pagi, harbourfront centre terlihat masih sepi, toko – toko perbelanjaan belum banyak yang buka. Hal yang pertama yang kami lakukan setiba ditempat ini adalah mengambil “The Map Gudie of Singapore” yang disediakan secara gratis. Kemudian kami menentukan tempat dan cara menuju ke tujuan kami.

Sentosa Island

Pulau sentosa merupakan lokasi yang akan kami tuju pertama kali. Lokasi ini tidak jauh dari harbourfront. Untuk menuju ke sana ada berbagai cara, bisa menggunakan Sentosa Express (Rail Train), cable car, taxi, atau berjalan kaki. Dengan membayar tiket PP seharga 4 $ kami akhirnya memilih menggunakan rail train. Perlu diketahui, tiket dapat dibeli di mesin penjualan di stasiun yang terletak di lantai 3 harbourfront. Karena hanya bisa menggunakan pecahan kecil, kami sarankan untuk selalu menyediakan uang pecahan dibawah 10 $ di dompet anda.

Universal Studio Singapor

Perjalanan menuju sentosa tidaklah memakan waktu cukup lama. Namun anda tetap bisa menikmati pemandangan pulau terebut dari atas. Kami turun di stasiun pemberhentian pertama, yakni waterfront. Dari stasiun tersebut, anda bisa berjalan kaki menuju ke sejumlah tempat menarik di pulau sentosa, diantaranya yaitu Universal Studio, SEA Aquarium, Merlion Plaza, dan patung The Merlion. Oleh karena waktu kami terbatas, kami hanya numpang nampang alias berfoto di area tersebut. Untuk informasi harga tiket masuk Universal Studio Singapore sebesar 74 $ Singapura. Setelah puas berfoto di depan monumen bola dunia Universal studio dan patung the merlion, kami melanjutkan kembali perjalanan kami ke habourfornt dengan menaiki Sentosa Express dari Beach Station.

Merlion Park

Dari harbourfornt centre kami melanjutkan perjalanan untuk menuju apalagi kalau bukan Merlion Park. Tempat ini merupakan Landmarknya kota singapura, tempat patung merlion berada. Kalau di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan Tugu Monas. Untuk menuju kesana kami menggunakan MRT yang berada di lantai dasar. Cara membeli tiketnya hampir sama dengan Sentosa Express, hanya saja harganya lebih murah, yaitu sekitar 1,6 $ Singapura. Sebenarnya sistem tiketingnya tidak jauh beda dengan sistem ticketing commuterline di Jakarta. Perbedaanya adalah kenyamanan dan ketepatan waktu. Tidak seperti di Indonesia meskipun penuh sesak MRT Singapura tetap terasa dingin.

MRT Singapura terdiri dari 5 Jalur, yaitu Jalur North South (NS) yg berwarna merah, East West (EW) yang bewarna hijau, Circle (CC) yang berwana coklat,  North East (NE) yang berwarna ungu, dan Changi Extention (CG) yang bewarna biru. Dari harbourfront untuk menuju merlion park anda harus menaiki MRT jalur NE (ungu) dengan tujuan pemberhentian stasiun outram park (NE3). Dari stasiun Otram park anda berpindah jalur MRT dari jalur NE berganti menjadi jalur EW16 (hijau) untuk menuju Stasiun City Hall (EW 13). Jika pada saat pembelian tiket MRT anda memilih jalur terakhir stasiun City Hall, maka perpindahan jalur tidak dikenakan biaya. Kemudian hanya melewati dua stasiun MRT anda sudah sampai di City Hall.

Sialnya sesampainya di City Hall kami mendapatkan cuaca (hujan) yang tidak mendukung  sehingga kami menghentikan sementara perjalanan kami, alias berteduh sambil cari makan siang. Makan siang di Singapura memang cukup mahal, sekitar 10 $ (biasanya di Indonesia Cuma 2 $). Selepas makan siang kami melanjutkan perjalanan kami kembali dengan jalan kaki menyusuri jalur bawah tanah untuk menuju esplanade theatres  on The Bay, gedung yang atapnya berbentuk buah durian. Lumayan cepet pegal sih jalannya, tapi cukup terhibur dengan banyaknya outlet di kiri kanan jalan. Oh yah jangan takut kesasar, karena banyak petunjuk dan fasilitas informasi di setiap sudut. Hanya saja jika anda bepergian rombongan, awasi satu sama lain, karena ramainya orang berlalu lalang sehingga sering menghalangi pandangan.

Jalan kaki belum berhenti disini loh, dari Esplanade anda tetap harus berjalan kaki menyusuri trotoar Esplanade Drive untuk menuju merlion park. Jangan lupa sempatkan untuk membeli Ice Cream seharga 2 $ di Esplanade Drive.

Akhirnya patung merlion sudah terlihat di depan mata dan akhirnya kami sah menginjakan kaki di singapura (merlion park). Kemudian tanpa membuang waktu kami bernarsis ria berfoto dengan latar belakang patung merlion. Gaya foto minum air dari cucuran patung merlion rupanya memang menjadi gaya favorit pengunjung yang datang, termasuk kami. Tidak hanya berlatar belakang patung merlion, di tempat ini anda juga dapat berfoto dengan latar belakang Gedung Artscience Museum dan gedung The Shoppes at Marina Bay Sands yang berbentuk kapal selam ditopang 3 gedung.

Bugis Street

Puas berfoto, kami melanjutkan kembali perjalanan untuk berbelanja murah meriah di Bugis Street. Untuk menuju ke sana kami kembali berjalan kaki ke Stasiun City Hall untuk menaiki MRT jalur hijau (EW13) dengan tujuan pemberhentian stasiun bugis street (EW 12). Di bugis street anda bisa membeli oleh – oleh khas kota singapura, mulai dari pernak – pernik, tas, kaos, dan makanan. Disini anda bisa membeli 4 goody back seharga 10 $ dan kaos anak – anak seharga 7 $. Hal yang menarik ternyata harga makanan di sini lebih murah daripada ketika anda membeli makanan di Batam. Sebagai contoh harga coklat Kitkat jika anda membelinya di batam anda harus membayar 120.000 ( 11 $) untuk 1 bungkus. Sedangkan jika anda membelinya di bugis street anda cukup membayar 6 $. Cukup murah bukan ? saya sarankan untuk membeli yang rasa green tea untuk oleh – oleh di rumah.

Jalan – jalan sudah, berbelanja sudah, waktunya untuk kembali ke titik awal pendaratan kami di harbourfront dan kembali menuju batam centre menggunakan kapal laut. Dan tepat pukul 16. 50 kapal kami membawa kami kembali ke tanah air untuk melanjutkan mimpi kami kembali  bisa keliling dunia.

One thought on “SATU HARI JELAJAHI WISATA KOTA SINGAPURA

niiapanpan said:
    April 19, 2014 pukul 6:04 pm

kalau hanya 1 hari di singapore ( pagi sampai malam pulang), di embarkation card, lama tinggal dan alamat tinggal sementaranya diisi kaya gimana?
    Lama tinggal = 1 hari dan alamat sementara dikosongkan atau bagaimana?