111 Spesies Akuatik Di Indonesia Terancam Punah dan Perlu Dilindungi

Posted on Updated on

Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) Kementrian Kelautan bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah membentuk Kelompok Kajian Spesies Akuatik yang terancam punah. Kelompok ini kemudian di pandu oleh Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan (KKJI) dalam mempersiapkan materi dan dsikusi kelompok. Kelompok ini kemudian melakukan pertemuan dan mengundang para pakar terkait untuk menginventarisasi jenis ikan terancam punah dan rawan terancam punah,   menentukan prioritas jenis ikan terancam punah yang perlu ditetapkan status perlindungannya dan merumuskan rekomendasi tipe perlindungan spesies prioritas jenis ikan terancam punah masing-masing kelompok taksa.

Hasil dari serangkaian workshop dan diskusi pakar menghasilkan daftar prioritas spesies akuatik terancam punah di Indonesia  yang perlu mendapatkan status perlindungan. Dari daftar tersebut tercatatat ada 111 spesies akuatik di Indonesia terancam punah dan perlu di prioritaskan untuk dilindungi. 111 spesies tersebut mencakup ikan (pisces), amfibi dan reptile, moluska (keong dan kerang), udang dan kepiting, mimi serta teripang.

Penentuan prioritas spesies akuatik yang dilindungi didahului dengan menilai suatu spesies menggunakan “kriteria satwa yang perlu dilindungi” yang disusun oleh Noerdjito & Maryanto (2005), meliputi : (1) Memiliki populasi rendah atau cenderung turun, (2) Memiliki sebaran sempit, (3) Memiliki ekosistem spesifik, (4) Berpasangan tetap, (5) Fekunditas rendah, (6) Sex ratio terbatas, dan (7) Mencapai tingkat dewasa lama

Daftar prioritas perlindungan spesies akuatik terancam punah tersebut telah disusun oleh tim penyusun Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan menjadi sebuah buku “ Biota Perairan Terancam Punah Di Indonesia : Prioritas Perlindungan”. Diharapkan buku ini akan meningkatkan tingkat kesadaran semua lapisan masyarakat dalam upaya pemanfaatan spesies akuatik secara berkelanjutan dan memperkuat upaya pemerintah dalam menunjang kegiatan konservasi.

Sumber : kkji.kp3k.kkp.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s