PUTRIKU BERNAMA NAIRA EKAGRENA WIBOWO

Posted on Updated on

Siang hari menjelang sore, suara tangis bayi itu memecah kesunyian, melenyapkan harap cemas menjadi senyum kebahagian dan rasa syukur yang tiada terkira. Syukur Alhamdulillah setelah Empat hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Marzuki Mahdi Bogor, akhirnya pada hari senin tanggal 25 Juni 2012 pukul 14.45 Istriku melahirkan anak sekaligus putri pertama kami dengan berat 2,77 kg, panjang 48 cm dan upgar 7,9.

Proses Kelahiran Anakku

Anak kami lahir melalui operasi Caesar dengan bantuan dr. Abdul Samad Spog, meskipun kami sudah mengusahakan agar proses persalinan bisa berlangsung normal. Memasuki usia kehaliman yang sudah lewat 40 minggu, hari jumat tanggal 22 Juni 2012 kami kembali melakukan pemeriksaan kehamilan istriku ke Dokter kandungan, berdasarkan hasil pemeriksaan ternyata istriku sudah mengalami pembukaan 1 sehingga disarankan untuk masuk rawat inap dan ruang bersalin. Sudah mempersiapkan semuanya baik perlengkapan persalinan dan kelengkapan administrasi (ASKES), istriku akhirnya menjalani rawat inap di Ruang Kebidanan Kelas II (Jatah Askes Gol III). Lewat satu hari menjalani rawat inap belum juga ada tanda-tanda kemajuan seperti mules-mules dan pembukaan yang lebih lebar. Sehingga suster yang sebelumnya melakukan konsultasi by phone ke dokter kandungan melakukan tindakan medis berupa induksi.

Istriku diinduksi melalui obat yang disuntikan melalui cairan infus. Namun reaksi yang timbul bukan reaksi yang diharapkan, istriku malah mengalami muntah-muntah dan sering buang air besar yang membuat kondisi tubuh istriku menjadi sangat lemas tak bertenaga. Sehingga proses induksi akhirnya dihentikan sementara (semalam) sampai istriku berhenti buang air besar. Hari berikutnya (hari minggu), istriku kembali menjalani proses induksi, namun kali ini tidak melalui cairan infuse tetapi melalui tablet yang dihisap. Proses induksi membuahkan hasil, istriku mengalami mules – mules dan pembukaan bertambah menjadi pembukaan 3. Akan tetapi malamnya reaksi (mules-mules) tersebut tidak kembali dirasakan istriku, sehingga untuk pagi hari berikutnya (senin) istriku kembali diinduksi melalui cairan infuse dengan ditingkatkan dosisnya. Namun demikian tidak ada reaksi yang timbul, meskipun kondisi janin dan air ketuban masih bagus. Dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter kandungan istriku akhirnya menjalani tindakan medis berupa operasi caesar.

Arti Nama Anakku

Alhamdulillah setelah menjalani operasi Caesar kurang lebih 10 menit dengan ditungguin oleh bapak – ibu istriku, Ibuku, Kakak Laki –Lakiku, Adik Ipar, dan tetangga, akhirnya buah hati kami berdua lahir ke dunia melengkapi kebahagian keluarga kami. Seperti yang sudah kami persiapkan sebelumnua, putriku kami beri nama NAIRA EKAGRENA WIBOWO. Nama naira sendiri terinspirasi dari “Banda Naira” pulau nan indah dan bersejarah di Timur Indonesia. Pulau yang menjadi tempat pengasingan bapak proklamator kita  Bung Hatta dan Syahrir. Maklum saya pribadi termasuk yang mengidolakan Bapak Koperasi Indonesia, berharap ada nilai – nilai dari keteladanan Bung Hatta yang turun ke putri kami tercinta. Sekaligus mengajarkan sejarah republic bangsa ini kepada anakku sejak dini. Seperti kata Bung Karno “JAS MERAH, Jangan Sekali Sekali Melupakan Sejarah. Selain itu Banda Naira merupakan salah satu Kawasan Konservasi Perairan Nasional yang saat ini dikelola oleh tempat saya bekerja yakni Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan Ditjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan, sekaligus mempromosikan dan mensosialisasikan. Kata Naira sendiri berarti kilauan, berkilau, bercahaya. Berharap anakku Naira bisa selalu bercahaya, berkilauan lahir maupun batin, di hadapan makhluk Allah maupun Allah. Berharap bisa menjadi cahaya keluarga dari kegelapan selepas peristiwa kehilangan anak kami yang pertama karena istriku mengalami keguguran di usia kandungan 4 bulan.

Nama “Ekagrena” sendiri dipilih oleh istriku. Ekagrena berarti penuh perhatian, berharap putriku menjadi wanita yang penuh perhatian, penyayang, dan pengasih baik kepada sesama manusia (khususnya keluarga), lingkungannya dan makhluk hidup lain yang hidup di muka bumi. Nama “WIBOWO” sendiri merupakan gabungan kata dari nama kami berdua, yakni Wiwit (nama panggilan istriku di rumah) dan Bowo (Nama panggilanku). Wibowo sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti Wibawa, berharap putrid kami menjadi wanita yang berwibawa, bersahaja dan pinter membawa diri. Akhirnya selamat datang ke dunia ini anakku Naira Ekagrena Wibowo, selamat menjadi bagian anggota keluarga kita dan pelengkang kebahagian. Semoga kelak menjadi anak yang seperti Ayah Bundamu harapkan. Semoga menjadi anak yang sholeha, Sehat,  sempurna (cantik) dan ditetapkan hatinya untuk tetap khidmat dan beriman kepada ALLAH SWT. Semoga menjadi anak baik budi perketinya, cerdas, berakal, baik pengetahuan agamanya dan mengamalkan imunya. Semoga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, berguna bagi bangsa, Amin.

One thought on “PUTRIKU BERNAMA NAIRA EKAGRENA WIBOWO

    arifrahmawan said:
    Oktober 7, 2012 pukul 5:23 pm

    selamat jenderal, semoga Ekagrena kelak tumbuh menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s