MENYELAMI BAWAH LAUT KEPULAUAN ANAMBAS

Posted on Updated on

Untuk pertama kalinya akhirnya saya mempunyai kesempatan menumpang pesawat foker dengan kapasitas 50 seat, dan untuk pertama kali pula akhirnya saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan perjalalan ke Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. Kabupaten Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Ibukotanya adalah Terempa. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2008 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Natuna. Untuk bisa menginjakan kaki ke Kepulauan Anambas, saya tempuh dengan dua kali penerbangan dan sekali penyeberangan laut. Rute yang saya tempuh meliputi penerbangan Jakarta – Batam menggunakan maskapai garuda jadwal penerbangan jam 06.10, kemudian dilanjutkan dengan penerbangan Batam – Matak (Anambas) jadwal penerbangan jam 12.30. Untuk penerbangan Batam – Matak hanya dilakukan pada hari Rabu dan Sabtu, sedangkan diluar hari tersebut rute penerbangannya adalah Tanjung pinang – Matak. Untuk tambahan informasi, penerbangan Batam – Matak anda dapat memakai jasa SKY Airlines dan melakukan reservasi di 0771318307. Setelah mendarat di Bandara milik perusahaan Chonoco Philips di Matak, untuk menuju ke Tarempa ibukota Kabupaten Anambas, anda harus melanjutkan dengan penyeberangan laut.
Tak lama melakukan penyebrangan lewat laut, akhirnya kami tiba di Tarempa ibukota kabupaten Anambas. Nuansa pesisir dengan rumah-rumah yang ditopang diatas papan kayu begitu kental terhadap ibukota kabupaten ini. Secara topografi wilayah daratan setiap Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas sebagian besar berbukit dan pergunungan yang terjal yang disusun oleh batuan metamorf. Sehinga pengembangan pembangunan di Kepulauan Anambas mengarah kearah laut. Namun demikian, sebagai kepulauan yang berada paling depan dan berbatasan dengan negara lain (Malaysia), kehidupan dan infrakstruktur di Tarempa sudah terbilang dengan cukup maju.
Kabupaten Kepulauan Anambas menyimpan banyak potensi wisata yang sangat besar potensi wisata berupa keindahan pantai dan alam bawah laut (diving), air terjun, pendakian gunung dan lain sebagainya. Untuk objek wisata bahari, dibeberapa pulau memiliki penutupan terumbu karang yang cukup baik dan yang tak kalah menarik, di beberapa tempat anda bisa melihat ikan Napoleon dan penyu bertelur. Dan tentu saja saja tidak ingin melewati begitu saja keindahan bawah laut Kepulauan Anambas. Akhirnya saya beserta tim melakukan penyelaman bawah air dengan memilih lokasi pulau Durai sebagai lokasi diving. Pulau Durai meruapakan salah satu pulau di Kepulauan Anambas yang masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan Nasional. Pulau Durai atau Pulau Penyu sebutan orang Tarempa, karena memang pulau ini menjadi tempat pendaratan dan habitat jenis penyu hijau bertelur.
Keindahan bawah Laut Kepulauan Anambas tak jauh beda dengan keindahan bawah laut di Gili Terawangan, hamparan karang yang didominasi oleh karang bercabang, karang masiv, karang meja, dan karang daun, menghampar di dasar laut. Namun demikian tutupan karangnya tidak begitu luas, di beberapa lokasi penyelaman banyak ruble (patahan karang cabang) yang mungkin disebabkan adanya aktifitas pemboman ikan. Akan tetapai kumpulan ikan karang yang berenang beriringan menjadi lukisan indah bawah laut. Kami mengharapkan bisa menjumpai ikan juvenile ikan Napoleon, akan tetapi memang sulit membedakan juvenile ikan karang terbesar ini di bawah laut terutama membedakannya dengan ikan kakatua. Namun rasa penasaran kami cukup terpuaskan dengan mengunjungi keramba tancap dan keramba jarring apung ikan Napoleon. Disini kita bisa melihat usaha pembesaran ikan Napoleon mulai dari juvenil sampai yang berkuran dewasa. Saya sekali potensi perikanan Napoleon yang cukup besar di Kabupaten Anambas, perdagangannya dilakukan secara ilegal (lewat laut).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s