DUKUNGAN UNTUK KONSERVASI DUGONG DI INDONESIA

Posted on Updated on

Dugong (Dugong dugon) adalah hewan mamalia laut yang hidup dari lamun (seagrass). Tempo dulu dugong dapat ditemui di banyak tempat di kawasan tropis, yang terbentang dari pesisir timur Afrika hingga Vanuatu di Pasifik. Namun belakangan ini dugong semakin sulit dijumpai, populasinya semakin merosot hingga kini berada di ambang kepunahan akibat dari perburuan, terjerat atau tertangkap dalam alat tangkap perikanan, pencemaran, dan degradasi atau kerusakan padang lamun sebagai habitatnya. Sebenarnya dugong telah dilindungi secara hukum, namun penegakan hukum tampaknya masih sangat lemah. Berbagai upaya telah diusahakan untuk menginisiasi dan mengembangkan konservasi dugong di Indonesia.

“Pedoman Pengelolan dan Konservasi Biota Laut Duyung dan Habitatnya” telah diterbitkan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan tahun 2003,  dan dokumen lainnya juga telah dihasilkan seperti “National Conservation Strategy and Action Plan for the Dugong in Indonesia”  (2009) yang disusun bersama oleh para pakar Indonesia dan Belanda. Dalam implementasinya tampaknya masih akan dihadapi berbagai masalah.

Dalam mengantisipasi masalah ini, sedang disiapkan terbentuknya IDCC (Indonesian Dugong Conservation Committee) dengan Focal Point berkedudukan di Sub-Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan.

Pada tanggal 20 September 2011, Dr. Donna Kwan, Program Officer dari UNEP/CMS Dugong MoU Secretariat (bermarkasi di Abu Dhabi) melakukan kunjungan informal ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menjajagi peluang kerjasama dan dukungan untuk konservasi dugong di Indonesia. Ia mengemukakan bahwa Dugong MoU telah ditandatangani oleh banyak negara, tetapi Indonesia belum. Menurutnya, Dugong MoU tidak mengikat secara hukum (non-legally binding) tetapi dapat membuka peluang yang luas untuk membangun kerjasama dalam konservasi dugong di kalangan banyak negara penandatangan MoU. Dalam pertemuannya dengan Direktur Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan, Dr. Toni Ruchimat, dibahas potensi penandatanganan Dugong MoU dan juga peluang untuk penylenggaraan Pertemuan Kedua Negara Penandatangan Dugong MoU dengn tuan rumah Indonesia yang rencananya akan diselenggarakan pada paruh  kedua tahun 2012.

Dr. Kwan juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan rekan-rekan Indonesia tentang potensi pengajuan Proposal Projek GEF yang berada dalam kordinasi Dugong MoU Secretatiat di Abu Dhabi, (Anugerah Nontji)

sumber : milis Sahabat_dugong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s