Video Maping 3D Museum Sejarah Jakarta “Jakarta Kota Kreatif”

Posted on

Sabtu malam,  13 maret 2009 diadakan  pertunjukan Video Mapping yang pertama kali di Indonesia. Pertunjukan itu juga sebagai tonggak peresmian “Jakarta Kota Kreatif” yang akan dicanangkan British Council bersama Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, dan KADIN Jakarta.

Dari tanggal 7 sampai 13 Maret, British Council bekerjasama dengan Pemerintah DKI dan KADIN Jakarta menggelar berbagai upaya penyadaran pada warga Jakarta tentang pentingnya ruang kreatif. Program ini berupaya menjawab tantangan pemerintah yang berencana merevitalisasi Kota Tua sebagai ruang bermain baru bagi pelaku industri kreatif.

Untuk Jakarta Creative City Project, D Fuse menciptakan  Video Mapping Projection yang akan diproyeksikan ke fasade gedung MSJ.

Pada proyek yang mengajak pemerintah dan warga Jakarta untuk memahami makna ruang, panggung,  dll, ini D-Fuse bekerjasama dengan pembuat film, Sakti Parantean (Fictionary Films), Adi Panuntun (Sembilan Matahari Films), fotografer  paruh waktu  di National Geographic Indonesia Feri Latief, dan penulis Taqarrabie.

Teknologi video mapping – pemetaan video — sebenarnya sederhana. Hanya saja peralatan pendukungnya yang tak murah. Beberapa komputer mengontrol efek video proyektor yang kemudian digunakan untuk memproyeksikan citra pada permukaan yang dikehendaki. Proyeksi dari permukaan itu kemudian dipetakan dalam komputer.

Kemudian kita bisa menetapkan titik-titik dari permukaan tesebut untuk disimpan ke dalam komputer sehingga kita mendapatkan beberapa pilihan peta. Peta ini bisa di dilapis dengan konten video, gambar diam, logo, branding dll untuk menciptakan permukaan yang interaktif. Permukaan apapun bisa dipetakan dan kemudian diproyeksikan.

Penasaran?  lihat saja videonya dengan mengklik Video Maping MSJ

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s