SAIL BANDA 2010 ” Small Island For Our Future”

Posted on

Sukses dengan penyelenggaraan Sail Bunaken, Pemerintah Indonesia kembali mengadakan event akbar di Laut Banda (Maluku) yang diberi nama ” Sail Banda 2010″. Sail Banda 2010 merupakan progam kerjasama antara Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Budaya dan Pariwisata, Kementrian negara pemuda dan olahraga dan Pemprov Maluku. Progam yang diketuai langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad mengambil tema “Small Island For Our Future”. Pulau-pulau kecil untuk masa depan itulah tujuan dari kegiatan ini, mengenalkan obyek pariwisata pulau2 kecil yang ada di Indonesia, khususnya di Laut Banda-Maluku.

Berkaitan peran laut untuk kesejahteraan rakyat, maka pendekatan kegiatan Sail Banda 2010 berupa kegiatan sosial untuk kesejahteraan rakyat. Fokus kegiatan Sail Banda 2010 berupa bakti sosial Surya Bhaskara Jaya, reli kapal layar, navy to navy talk, dan olah raga bahari. Juga lintas nusantara remaja bahari, festival budaya dan atraksi wisata, seminar, menanam mangrove, bersih pantai, dasn pameran produk laut. Untuk mengenang kejayaan armada laut Majapahit, diselenggarakan pelayaran replika kapal Majapahit “The Spirit of Majapahit” untuk keliling dunia selama 20 bulan, dan akan menyinggahi 33 negara serta upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 65 di pulau terluar, yaitu di Pulau Kisar.

Dikemukakan, kegiatan Operasi Surya Bhaskara Jaya menggunakan kapal rumah sakit TNI AL, KRI Dokter Suharso, serta didukung kapal-kapal negara sahabat dari Singapura, Malaysia, Australia, dan kapal induk kesehatan Amerika Serikat USNS (United States Naval Ship) Mercy. Bakti sosial diberikan kepada masyarakat di pulau-pulau di wilayah Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

Jenis bakti sosial yang akan diberikan meliputi pelayanan kesehatan seperti pengobatan umum, pengobatan gigi dan mulut, operasi bibir sumbing, katarak, operasi kecil dan besar, vaksinasi, pemberantasan penyakit menular dengan pemberian kelambu dan penyemprotan.

Kemudian pengobatan gratis, dan penyuluhan kesehatan; pemberian buku pelajaran sekolah dan buku keagamaan, bea siswa, komputer, kantin sehat di sekolah; pelayanan keluarga berencana, bantuan obat cacing, sarung, kain; bantuan solar cell 50 Watt dengan radionya; penyerahan bibit mangrove, bibit kerapu, perahu nelayan, air bersih, sanitasi; dan bantuan sosial lainnya. Presiden telah berkenan akan hadir pada puncak acara Sail Banda 2010 di Ambon pada hari Selasa tanggal 3 Agustus 2010. Beliau dijadwalkan akan melihat pelayanan Bakti sosial di atas kapal US NS Mercy, KRI Dokter Suharso, dan melepas kapal ”The Spirit of Majapahit”.

Selain itu juga akan diselenggarakan Konfrensi Nasional VII tahun 2010 dengan tema ” Pengelolaan Sumberdaya Pesisir, Laut dan Pulau-Pulau Kecil Ambon-Provinsi Maluku”. Penyelenggaraan KONAS VII Tahun 2010 di Ambon, Provinsi Maluku akan dilaksanakan pada tanggal  4-6 Agustus 2010 bertempat di Gedung Siwa Lima, Jl. Ina Tuni, Karang Panjang, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

How To Join Sail Banda

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s