Sejarah, Arti dan Semangat Tugu Pancoran

Posted on Updated on

pancoranMelewati Jalan Gatot Subroto kita akan melihat Sebuah tugu nan megah dan agung, seakan membelah langit jakarta, tugu Pancoran namanya. Tugu Pancoran dibangun di kisaran 1965 an ketika RI sedang rame ramenya konfrontasi dengan Malaysia, Bung Karno sedang meledak ledak menghantam yang disebut neo-kolonosaime, neo impersialisme, beberapa taun setelah dilangsungkannya Asian Games di Jakarta dan GANEFO sesudahnya.

Perwujudannya, ada yang bilang terkait dengan kedirgantraan (sejalan dengan dibangunnya Markas Besar AU di Pancoran yang keren itu). Tetapi melihat situasi saat itu….ini lebih memperlihatkan gambaran semangatnya Bung Karno yang “sedang menggelegar” ingin meraih pencapaian pencapaian sukses pada item di atas itu, dan sebagai kelanjutan atau paralel dengan perjuanagn maupun sukses sukses politik beliau saat itu.

tugu pancoran

Tahun 1960-1965 adalah tahun tahun “klimak sukses politik” Bung Karno….
a] sukses merebut/memantapkan wilayah Irian Barat sebagai wilayah RI;
b] Pembangunan RI Semesta Berencana;
c] Penyelenggaran Asian Games;
d] Pembangunan Studio TVRI
e] Ganefo; Conefo; Penentangan NEKOLIM;
f] Menyelasaikan Perlawanan/Pemberontakan Dalam Negeri dan serupa..), dll…
g] Keluar dari ekanggotaan PBB
dan sebagai “tularanya” saat itu Bung Karno menggembu melakukan pembangunan pembangunan fisik berupa monumen monumen (mulai dari MONAS; Tugu Tugu Ekspresi Semangat Perlawanan & Kebebasan di banyak tempat ). Nah Tugu Pancoran itu merupakan bagian dari proyek ‘penggambaran semangat’ beliau….yang meledak ledak ingin melampaui semua tantangan….meraih kemenangan dari beragam ‘perjuangan’ nya  ..
@ tangan menunjuk : penggambarn target yang harus diraih….di sana !!! kejar, raih, dapatkan…!!!
(arah ke utara, karena dianggap “pintu”, halaman muka ….sedikit beda dengan Patung Selamat Datang di Bundaran HI, Thamrin/Sudirman….yang lebih non verbal gesture Lambaian Selamat Datang kepada para Tamu Luar Negeri yang datang dari / lewat Tanjung Priok, maupun Airport Kemayoran saat itu……(sebelum pindah ke Halim Perdanakusuma maupun apalagi ke Cengkareng)..Disiapkan bersamaan dengan pesta Asian Games..di awal 60an, di Jakarta..

Proyek boulevard.Thamrin Sudirman dan By Pass Tanjung Priok – Ciillitan; Juga Cawang- Gatot Subroto- sd Grogol adalah juga rintisan beliau..jalanan dihiasi dengan bundaran bundaran pada beberapa persimpangan (seperti Bundaran Air Mancur/Monas.  – Kebun Sirih – HI – Senayan; Bundaran Pancoran – Bundaran Slipi – Bundaran Grogol…  ….
Iklan

4 thoughts on “Sejarah, Arti dan Semangat Tugu Pancoran

    the Adipati said:
    Mei 28, 2009 pukul 2:39 am

    bagus n informatif, thanx…

    NUR NASRULLOH said:
    Desember 8, 2009 pukul 4:37 pm

    Saya pernah wira wiri di bawah tugu pancoran… jadi… terkenang deh…

    dianita said:
    April 2, 2010 pukul 2:13 pm

    cukup informatif..makasih utk infonya…bwt bahan cerita selama tour jakarta…

    Mojo said:
    November 17, 2010 pukul 4:06 pm

    Sekedar tambahan, sebelum patung pancoran terselesaikan—pada saat itu masih berupa bagian penyangganya. Ada isu yang menyebar diantara kalangan masyarakat, bahwa tugu tersebut adalah tugu ‘alat pencungkil mata’, yang kala itu sedang banyak dibicarakan pasca G30S.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s