Jakarta Junior/Family Heritage Trail

Posted on Updated on

jhcDalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional dan Hari Buku se-Dunia, Komunitas Historia Indonesia (KHI), Jakarta Heritage Community (JHC) dan Indonesian Federation of Friends of Museums (IFFM), didukung oleh Forum Indonesia Membaca (FIM) dan Museum Bank Mandiri (MBM), mempersembahkan:

Jakarta Junior/Family Heritage Trail
Minggu 10 Mei 2009. Pkl. 08.00-13.00 wib

Tempat Kumpul: Museum Bank Mandiri, Jl. Lapangan Stasiun No.1 Jakarta Barat. Depan stasiun KA Jakarta Kota / BeOS; Depan Halte Bus Transjakarta Kota.

Nara Sumber: Asep Kambali,KHI (Guru Sejarah / Pendiri KHI)

Acara ini adalah untuk siswa SD dan SMP. Acara akan dipandu oleh siswa SMP yang menjadi volunteer KHI dan telah di kader menjadi mentor bagi kalangannya. Siapa yang mau mendaftarkan anaknya?

Di Jakarta, terdapat berbagai macam kebudayaan dengan latar belakang sejarah yang begitu panjang. Hal itu bisa dilihat dari beragamnya arsitektur bangunan, nama jalan dan kampung, peristiwa sejarah, atraksi budaya serta bentuk-bentuk kebudayaan lain yang unik dan telah menjadi ciri khas dari Jakarta. Inilah yang dikenal sebagai special plavours of Jakarta itu. Namun demikian, tidak semua warga Jakarta, atau daerah sekitarnya kenal dengan potensi sejarah dan budaya itu. “Orang Jakarta tidak berakar, karena tidak mau mengenal sejarah dan budayanya sendiri.” Banyak warga Jakarta yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar mereka.

Kini, di saat era globalisasi semakin membumi, tuntutan pembangunan di berbagai bidang menjadi hal yang mutlak dilakukan oleh setiap bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Di negara kita, ada yang dilupakan oleh semua komponen bangsa ini, bahwa disela-sela pembangunan fisik, seharusnya secara pararel dilakukan pembangunan jiwa-nya. “…bangunlah jiwa-nya, bangunlah badan-nya…” begitulah seperti yang termaktub di dalam lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya. Kenapa jiwa memiliki urutan pertama? Karena jiwa lah yang menjadi pijakan sekaligus pendorong kuat bagi ketahanan mental bangsa ini. Ini teruji pada bangsa lain. Berbeda dengan di negara kita. Kesadaran akan kehidupan berbangsa dan bernegara bahwa kesatuan dan persatuan Indonesia hanya bisa terwujud melalui pemahaman (jiwa) sejarah bangsanya sendiri, belum sama sekali menjadi prioritas pembangunan nasional, apalagi tertanam di dalam jiwa dan pikiran.

Bahkan, ada hal sangat yang berbeda pada diri bangsa Indonesia. Kini, tidak saja generasi tua yang telah menjadi korban, tetapi juga generasi muda sudah mulai melupakan sejarah, bahkan lari meninggalkan sejarah. Mereka lebih memilih modernisasi dan melupakan tradisi, mereka mengagungkan globalisasi tetapi melupakan lokalitas, mereka menjiwai masa kini tapi melupakan bahkan meremehkan masa lalu. “Untuk menghancurkan suatu bangsa / negara, maka hancurkan ingatan (sejarah) generasi mudanya!” Inilah petaka itu! Berbahaya!

Kegiatan:
1. Field Trip Sejarah Jakarta
2. Tour de Museums
3. Workshop membuat keramik
4. Nonton Film Tempo Doeloe
5. Makan siang “Nasi Ulam” khas Betawi
6. Foto street hunting dengan objek Kota Tua Jakarta

HTM:
Individu : Rp. 75.000 / orang;
Keluarga : Rp. 200.000 (3 orang = 2 dewasa + 1 anak)

Acara terbuka untuk umum. Peserta boleh perorangan (pelajar SD & SMP), atau keluarga. Terbatas, setelah baca segera daftar.

Fasilitas: Air Mineral; Pin unik; Tour guide/ Mentor; Makan Siang; Handsout; Tiket masuk. Workshop membuat keramik.

Route: Museum Bank Mandiri; Museum Bank Indonesia; Jl. Pintu Besar Utara; Museum Wayang; Museum Seni Rupa & Keramik + workshop membuat keramik; Museum Sejarah Jakarta; kembali ke Museum Bank Mandiri.

CARA PENDAFTARAN & PEMBAYARAN:
1. Pendafataran:
Silahkan menghubungi telepon: 0856.9535.5713 (Maya, Ms). Anda akan mendapatkan no.pendaftaran sebagai peserta.

2. Pembayaran:
Silahkan transfer Acc. 697.0109.160 BCA Cab. Kartini Jakpus An. Asep Kambali dengan cara, Contoh: Ade mendapatkan nomor urut pendaftaran 16. Maka Ade pada saat melakukan transfer mengetik 75.016.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s