Terharu Dengan Pemadaman Lampu di Indosat

Posted on

Pada tanggal 28 Maret kemarin dilakukan kampanye padamkan lampu 1 jam dalam rangka mengingatkan warga dunia akan kian terbatas sumber energi konvensional dan kian berbahayanya pemanasan global. Kampanye Global Earth Hour pertama kali dilakukan oleh 2.2 juta warga Sydney, Australia pada 31 Maret 2007. Kampanye ini kemudian berkembang menjadi melibatkan 50 juta orang, 370 kota di 35 negara pada tahun 2008. Tahun ini partisipan Global Earth Hour ditargetkan mencapai 1 miliar orang di 1.000 kota dunia dan tahun ini Jakarta menjadi bagian dari DUTA EARTH HOUR dan ikut berpartisipasi dalam pemadaman lampu.

Sebagai bagian dari PT Indosat yang bekerja sebagai call center, kebetulan pada saat terjadinya pemadaman lampu saya sedang bekerja shift sore, dan alangkah terkejutnya ketika keluar ruangan tempat saya bekerja untuk istirahat, saya mendapatkan lingkungan yang gelap-gulita karena adanya pemadaman lampu yang di lakukan PT Indosat di gedung yang beralamat jalan Daan Mogot km 11 jakarta barat.
Wah !!! ternyata sesekali gelap asyik juga, lebih damai dan tenang. Memang untuk ruangan tempat call center bekerja tidak dilakukan pemadaman lampu, karena contact center harus melayani custoner 24 jam. Tapi dengan pemadaman lampu di ruangan lainnya, tentu saja ini juga akan sedikit membantu bumi mengurangi beban lingkungan. Ketika kita mematikan lampu di DKI Jakarta dan sekitarnya selama 1 jam dengan asumsi penghematan listrik 10 persen dari konsumsi listrik rata-rata per jamnya, dapat menghasilkan banyak fakta yang mencengangkan. Fakta-faktanya adalah dengan dipadamkannya lampu selama 1 jam sama dengan menghemat 300MW – ini cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan mampu menyalakan listrik 900 desa, selain itu juga menghemat beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta, mengurangi emisi CO2 sekitar 284 ton CO2, menyelamatkan lebih dari 284 pohon dan menghasilkan oksigen untuk lebih dari 568 orang.
Oleh karena itu saya memberikan rasa hormat dan kagum saya kepada indosat serta pihak lain yang telah ikut mematikan lampu pada saat kampanye EART HOUR kemarin. Setahu saya Indosat salah satu Provider yang gencar mendukung kampanye pemanasan global, selain dengan pembangunan BTS berbasis lingkungan, indosat pernah mengeluarkan voucher hijau menanam, yang mana berapa % hasil dari penjualan voucher disumbangkan untuk penghijauan. Well, perubahan sekecil apapun dapat membantu bumi mengurangi pemanasan global. Saya harap PT. Indosat tidak hanya berhenti disini, tapi lebih CSRnya lebih aktif dalam kampanye pemanasan GLOBAL.

Iklan

2 thoughts on “Terharu Dengan Pemadaman Lampu di Indosat

    airyz said:
    April 17, 2009 pukul 11:58 am

    jadi makin sayang sama indosat 🙂

    salam kenull mas 😀

      callbowo responded:
      April 17, 2009 pukul 1:27 pm

      salam kenal juga, memang akibat perang tarif dan bermunculannya provider baru, telah mengakibatkan kualitas di beberapa operator, termasuk indosat yang mengusung sinyal kuat, tapi terlepas dari itu semua, indosat merupakan salah satu provider yang aktif dalam gerakan penyelamatan lingkungan, ayo kita sama-sama selamatkan lingkungan dari pemanasan global

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s