Belajar Berinovasi Melalui Sebuah Tim

Posted on

Mahasiswa sebagai kalangan intelektual dituntut untuk menghasilkan karya inovatif yang dapat memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun demikian, banyak faktor yang menyebabkan mahasiswa “mandul” untuk mengeluarkan apalagi mengembangkan karya-karya inovatifnya. Sistem pembelajaran di perguruan tinggi yang dinilai masih menjadi kolonial dan konservatif kadangkala menjadikan mahasiswa sekarang kesulitan untuk dapat memunculkan ide-ide inovatif tersebut.

Penulisan ini bertujuan untuk menerapkan konsep pembelajaran berinovasi melalui sebuah tim. Penulisan karya ilmiah ini menggunakan pendekatan studi kasus dan studi pustaka. Studi kasus mengambil tim penelitian di fakultas biologi UGM sebagai contoh kasus. Studi kasus menunjukan konsep sebuah tim dapat digunakan dalam proses pembelajaran mahasiswa yang inovatif. Hal ini terlihat dengan banyaknya karya-karya inovatif yang telah dihasilkan tim-tim penelitian di fakultas biologi UGM setiap tahunnya. Tim yang efektif berjumlah 3-5 orang dengan posisi dan peran masing-masing, dimana mahasiswa sebagai pelaku utama, dosen sebagai mitra dan masyarakat sebagai penstimulus. Dalam sebuah tim harus terjadi proses tranfer ilmu pengetahuan dan pengalaman.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s