Cara Setting GPRS Di HP

Posted on

Sungguh menyebalkan apabila kita sudah memiliki HP canggih dan mahal, tapi kita tidak bisa berselancar di internet karena tidak tahu cara settingan GPRS di HP atau ketika kita sudah mengikuti panduan yang diberikan operator kita, selalu saja jawabannya “HP tidak mendukung OTA”, Padahal jelas-jelas HP kita keluaran seri terbaru yang memiliki fitur GPRS class 10 lengkap dengan failitas 3G atau HSDPA. Lalu Bagaimana setting GPRS yang benar?

Pada dasarnya panduan yang tertera pada buku panduan operator anda sudah benar. Untuk Kartu Telkomsel (simpati, As), untuk dapat menggunakan layanan GPRS di HP anda harus melakukan dua langkah. Langkah pertama adalah mengaktifkan GPRS di nomor anda, caranya melalui SMS dengan cara ketik GPRS (spasi) Nomor Seri kartu (16 angka dibelakang SIM CARD) kirik ke 6616 atau melauli tekan *999# Ok, pilih layanan kartu, lalu pilih aktivasi GPRS. Langkah kedua adalah melakukan penyettingan GPRS di HP, caranya bisa melalui SMS dengan ketik S (spasi)MERK HP (spasi) Type HP kirim ke 5432. Kemudian jika dapat balasan pesan konfigurasi tinggal disimpan saja. Cara yang lebih ribet adalah anda melakukan pengaturan secara manual, berikut parameter umumnya :
Nama Koneksi : Telomsel Data
APN : telkomsel
Nama Pengguna : wap
Kata Sandi : telomsel
Homepage : http://wap.telomsel.com
Proxy (Alamat IP) : 010.001.089.130
Port Number : 8000

Sedangkan untuk pengguna kartu indosat anda hanya perlu melakukan settinggannya saja, karena untuk semua kartu indosat GPRSnya sudah aktif sejak anda gunakan kartunya pertama kali. Untuk settingan melalui SMS (OTA), caranya dengan mengetik GPRS (spasi) Merk HP (spasi) Type HP kirim ke 3000 atau ke 3939, PIN Kode 1111. Untuk manualnya, parameternya sebagai berikut :
Nama Koneksi : Indosatgprs
APN : Indosatgprs
Nama Pengguna : indosat
Kata Sandi : indosat
Homepage : http://wap.indosat.com
Proxy (Alamat IP) : 010.019.019.019
Port Number : 8080
jika ingin tarif dihitung berdasarkan durasi (waktu), nama pengguna dan kata sandi silahkan diubah menjadi indosat@durasi

Namun kenapa masih banyak saja yang kesulitan melakukan settingan GPRS, padahal kita sudah mengikuti panduan diatas. Jawabannya adalah ada beberapa HP yang memang belum masuk ke daftar yang bisa melakukan setingan melalui SMS (OTA) dan semakin berkembangnya brand pada beberapa jenis HP memang menyulitkan system dalam pembancaan. Settingan GPRS melalui SMS hanya memperbolehkan 3 syntac (kata) dalam pengetikannya, padahal jenis HP sekarang tidak hanya berupa angka, tapi lebih beragam sperti 6120 classis, KE 770 shine atau 3500 classic. Untuk menyiasati permasalahan ini biasanya operator menyarankan untuk menyambung tipe HPnya, contoh 6120classic, KE770shine atau 3500classic, tapi jawaban tetap saja “keyword salah”. Untuk permasalahan settingan GPRS melalui SMS ada solusi mudah yang tidak pernah diberikan oleh operator, karena berkaitan dengan standar jawaban mereka.

Solusinya adalah anda cukup mengganti tipe HP anda dengan tipe HP yang lain yang memang tidak akan mengalami masalah. Contoh kalau tipe HP anda 3110 classic atau 3500 classic, coba lakukan settingan GPRS dengan cara mengketik GPRS_NOKIA_7610 kirim ke 3000 (indosat) atau dengan ketik S_NOKIA_N70 kirim ke 5432. Solusi ini ternyata cukup berhasil untuk beberapa HP yang memang belum masuk daftar yang mendukung OTA (SMS) atau yang Type HPnya lebih dari 3 syntac.

Lalu Bagaimana dengan HP China atau korea (Hightech, IMO, K-toucH), yang memang vendor mereka belum nasuk ke dalam daftar OTA operator indonesia? Untuk ini anda harus melakukan settingan manual seperti parameter diatas, tapi sebaiknya datang langsung ke Distrubutor HP atau Pusat Layanan Informasi Provider anda untuk dibantu langsung dalam penyetingannya.

Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s