KAMPANYE PEMANASAN GLOBAL LEWAT SMS

Posted on Updated on

mobile phone with SMS #2Kerusakan lingkungan di muka bumi ini semakin parah, dampaknya adalah Pemanasan Global. Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Sudah banyak gerakan yang dilakukan oleh pemerintah, LSM, Swasta, dan masyarakat pemerhati lingkungan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Ada yang rutin mengadakan penanaman sejuta pohon dilokasi tertentu, ada yang mengurangi pemakaian plastik, pembangunan gedung berwawasan lingkungan, pengurangan emisi bahan bakar dengan Bycle to Work dll. Semua gerakan positif itu bertujuan untuk menyelamatkan bumi yang semakin panas.
Kampanye “Stop Global Warming” sekarang ini mulai menghiasi iklan-iklan di Media Televisi dan Cetak yang meskipun porsinya masih sedikit. Di jalan-jalan mungkin kita akan melihat bebarapa baliho yang menyerukan untuk mencegah pemanasan Global dan apabila kita Browsing internet! kita dapat segera menemukan kata pemanasan global diberebagai website. Tapi masih ada satu media yang belum/jarang disentuh untuk kampanye pemanasan global. Media itu adalah SMS (Short Message Sending).
SMS adalah salah satu layanan komunikasi yang saat ini banyak digunakan masyarakat, mulai dari anak kecil sampai orang tua. Saat ini HP sudah bukan menjadi barang langka, sehingga Hampir setiap orang memiliki HP (telepon genggam) sebagai alat komunikasi pribadi. HP adalah barang pribadi yang paling bisa ditinggalkan, kemana-mana selalu dibawah pemiliknya. Sehingga SMS adalah media informasi yang paling dekat dan cepat diterima.
Lewat SMS, kita bisa mengkampanyekan pemanasan global, apa itu pemanasan global? penyebab, dampak dan pencegahannya. Tentu saja dengan kalimat yang singkat dan efektif, namanya juga sms (pesan singkat). Pemerintah maupun LSM bisa bekerjasama dengan beberapa provider telekomunikasi (indosat, telkomsel, Xl, Esia dll) untuk membantu mengkampanyekan isu lingkungan lewat SMS yang dikirimkan kebeberapa No HP pelanggan yang dipilih secara acak dan gratis (tanpa pemotongan pulsa). Pihak provider dengan CSRnya (Corporate Social Responbilty) pasti dengan senang hati ikut membantu program kampanye Pemanasan Global, karena ini juga akan memberikan image positif perusahaan. Tapi apakah sms seperti ini akan dikatakan sebagai SPAM? cuma si penerima yang bisa mengatakannya.
Lalu bagaimana dengan kita? kalau anda kelebihan pulsa, cobalah kirim SMS yang berisikan “Stop Global Warming” kebeberapa rekan atau keluarga anda. Mumpung lagi Perang Tarif dan banyak bonus sms yang disediakan provider anda, kenapa tidak digunakan untuk menginformasikan sesuatu yang bermanfaat.

Satu perubahan kecil akan membawa dampak besar !!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s