FOOD BASIC (5), Maintenance

Posted on Updated on

Banyak bidang dalam usaha makanan dapat menyebabkan kontaminasi benda asing apabila tidak dirawat dengan baik. Semen yang pecah, jendela kaca, lampu yang tidak terlindung, serpihan file, insulasi dari fiber glass yang koyak atau berjamur, insulasi karet pada perpipaan yang kering dan rusak, atap yang bocor, talang atas dan saluran pembuangan, dan cat yang terkelupas pada atap hanyalah beberapa dari sumber benda asing yang paling umum yang dapat mengkontaminasi produk. Perlengkapan dan struktur pabrik harus dijaga pada kondisi yang baik untuk mendukung pembersihan yang sesuai dan produksi untuk menghasilkan produk yang aman.

PENGGUNAAN PELUMAS YANG TERLALU BERLEBIHAN KEDALAM BEARING DAN MOTOR

Kerusakan makanan sering terjadi karena kelebihan minyak pelumas pada bearing dan motor. Akibatnya grease dan minyak keluar dari bearing ke permukaan yang langsung berhubungan dengan makanan. Sumber kontaminasi ini dapat dihilangkan dengan cara meminyaki dengan hati-hati dan membersihkan pelumas yang berlebih setelah bearing dioperasikan selama beberapa menit. Semua pelumas yang digunakan untuk peralatan yang berhubungan dengan makanan harus food-grade. Bagaimanapun juga, pelumas food-grade yang keluar dari bearing bukan lagi food-grade.

MASALAH PERAWATAN YANG LAIN

Masalah perawatan lain yang lebih spesifik yaitu:
1. Serpihan cat pada peralatan, yang dapat terjadi karena panas, usia, atau kelembaban yang berlebihan, sangat berpotensi untuk menyebabkan kontaminasi produk. Semua mesin harus diperiksa apakah ada cat yang terkelupas atau menyerpih.
2. Lampu yang digunakan dalam pabrik harus terlindung dari pecah, baik dengan cara membungkus lampu dalam selubung plastik atau menggunakan penutup lampu dari plastik, untuk mencegah kontaminasi terhadap makanan apabila ada lampu yang pecah.
3. Material buangan harus ditangani dan dibuang sesuai dengan peraturan yang ada. Semua buangan dan sampah harus disimpan dan dibuang sedemikian rupa sehingga tidak menarik hama, atau memungkinkan hama untuk berlindung atau berkembang biak, perkembangan mikroba, bau tidak enak atau kontaminasi terhadap aliran air.
4. Sistem saluran pembuangan atau peralatan lain yang dapat diterima harus cukup tersedia untuk membuang semua sampah domestic.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s