FOOD BASIC (4), Mengembangkan Program Pengontrolan PEST

Posted on Updated on

Istilah PEST meliputi serangga, tikus dan burung yang masuk ke dalam perusahaan makanan. Hal yang vital dalam program pengontrolan pest yaitu dapat mengenali jenis pest dan mengetahui perilaku, makanan dan siklus kehidupannya. Setiap tahun, perusahaan roti dan perusahaan makanan lainnya menghabiskan seribu dollar untuk memburu pest yang tidak benar-benar ada dengan pendekatan pengontrolan yang tidak efektif. Seringkali terjadi, kotoran serangga disangka kotoran tikus sehingga pembasmiannya menggunakan program pengontrolan tikus yang mahal dimana pengontrolan tersebut tidak diperlukan. Kesalahan mengidentifikasikan suatu jenis serangga juga mengakibatkan pestisida yang digunakan tidak menghasilkan hasil yang bagus. Apakah karyawan perusahaan atau personil yang dikontrak dari luar yang diberikan tanggungjawab untuk pelaksanaan program pengontrolan pest, pengetahuan mereka tentang pest sangat penting untuk keberhasilan program.

STRATEGI-STRATEGI

Untungnya, kebanyakan dari fasilitas/bangunan perusahaan hanya dapat dimasuki oleh beberapa jenis/spesies pest yang dapat mudah dikenali. Ini dapat memudahkan personil pengontrolan pest untuk mengenali pest pada umumnya. Pemahaman mereka tentang bagaimana reaksi pest terhadap perubahan dari berbagai macam cuaca, waktu dalam setahun dan makanan yang disukai sehingga dapat mengurangi ancaman pest. Dari strategi pengontrolan pest yang bagus tersebut cenderung dapat membuat suatu pendekatan akhir yang aggressive untuk mengatasi masalah pest dan masih dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Pengontrolan kecoa/lipas dengan tepat berarti membuat suatu program yang ditujukan untuk kebutuhan dan kelemahan dari kecoa/lipas. Suatu program untuk pengontrolan kutu tepung dibuat sesuai dengan perilakunya. Kebutuhan dan perilaku dari setiap serangga anatara yang satu dengan yang lain berbeda. Strategi yang sama dapat berhasil dengan yang satu bukan berarti berhasil dengan yang lainnya. Tidak ada istilah sulap/sihir dalam hal ini. Karyawan yang terlibat dalam pengontrolan pest harus bisa mengenali tanda-tanda masalah atau kondisi yang berpotensi ada masalah pest dan membuat langkah tindakan koreksi terhadap perkembangan masalah tersebut.

HALAMAN

Area sekitar perusahaan sebaiknya bebas dari kotoran, limbah, sampah, rumput atau semak yang tidak dipotong, perlengkapan yang tidak dipakai, kotak, pallet dan lain-lain. Dengan kata lain, area sekitar perusahaan sebaiknya tidak mengundang/memikat pest dan atau menyediakan sarang untuk mereka. Area ini sebaiknya tetap bersih dan terawat dengan baik. Jarak bebas tanaman dengan lebar 18” (46 cm) sebaiknya dibuat disepanjang dinding luar bangunan. Ini sebagai penghalang atau penahan tikus dan jenis pest yang lain dan merupakan tempat yang bagus untuk penempatan umpan tanpa disertai persaingan dengan pertumbuhan rumput atau semak.

GEDUNG DAN FONDASI

Gedung dan fondasinya sebaiknya secara hati-hati diinspeksi untuk memastikan bahwa pest tidak masuk kedalam celah-celah atau sesuatu yang terbuka lainnya. Dengan syarat, jalan masuk tempat penympanan, area loading dan unloading, ventilasi atap, sistem penanganan udara, jendela dan semua jalan untuk masuk harus secara teliti diperiksa untuk memastikan bahwa pintu,screen, filter semua sudah tertutup rapat untuk memastikan aman dari berbagai macam bentuk pest.

PENGGUNAAN PESTISIDA

Dengan tindakan pencegahan yang sesuai, penggunaan pestisida dapat digunakan secara minimum. Bagaimanapun juga, dalam beberapa kasus, pestisida pasti harus digunakan. Pengguna pestisida harus terlatih dengan baik dan sering diperlukan yang telah mempunyai sertifikat dari tempat dia bekerja. Semua pestisida yang digunakan didalam atau disekitar fasilitas proses makanan harus secara sah disetujui untuk digunakan dan penggunaannya sesuai dengan petunjuk label. Ingat, label tersebut harus sah secara hukum. Merupakan hal yang illegal untuk menggunakan pestisida yang terbatas penggunaanya dengan pemakaian yang tidak sesuai dengan petunjuk label.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s