Awas SMS Penipuan !!

Posted on Updated on

Ternyata masih banyak pengguna jasa telekomunikasi yang menjadi korban sms penipuan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Modusnya sama, lewat sms pengguna jasa diinformasikan kalau mereka memenangkan undian berhadiah yang diselenggarakan operator jasa telekomunikasi. Korban yang terpengaruh besarnya hadiah dengan segera menghubungi sang penipu, yang kemudian dengan tipu muslihatnya sang penipu memeras korban, biasanaya korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang untuk pajak undian atau memberikan kode voucher nominal ratusan ribu ke pada sang penipu sebagai syarat keluarnya Hadiah. Lalu apa yang harus kita lakukan kalau menerima sms yang berindikasi penipuan?

1. Perlu diingat hasil undian berhadiah tidak pernah diumumkan lewat sms, tapi lewat media cetak, elektronik atau lewat website. Biasanya pelanggan akan dihubungi langsung oleh pihak penyelenggara atau dikirimkan bukti pengambilan hadiah ke alamat yang bersangkutan dengan syarat si pengguna jasa meregistrasikan kartunya dengan lengkap dan benar.
2. Lihat nomor HP si penggirim, apakah dari operator anda atau dari no HP biasa, kalau dari operator anda, cek kebenaranya dengan menghubungi contact center. Tapi kalau nomor HP biasa, abaikan saja karena itu jelas indikasi sms penipuan. Apabila ingin menindaklanjuti, simpan sms tersebut, laporkan ke Pusat Pelayanan operator anda untuk memblokir nomor tersebut.
Tapi belakangani ini modus sms penipuan semakin berkembang. Sekarang ini banyak sms penipuan yang hanya bertujuan untuk menyedot pulsa sang korban. Modusnya berupa Info layanan yang menginformasikan ke sang korban dia mendapatkan pesan layanan suara, jika ingin mendengarkan tekan *123*3*5*No Tujuan*12345# lalu OK (Ini hanya contoh). Padahal itu adalah perintah Transfer Pulsa dan otomatis kita telah mengirimkan sejumlah pulsa ke nomor sang penipu.
Untuk menghindari sms penipuan yang selalu berkembang, selalu kenalilah produk dan program operator anda dan tanyakan kebenaran sms yang anda terima ke Customer Service Representatif anda.

Semoga Bermanfaat,

Iklan

One thought on “Awas SMS Penipuan !!

    RicKy said:
    November 10, 2008 pukul 8:11 pm

    TicKEt nya 110202005

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s